SELAMAT DATANG DI BLOG WARTA PENDIDIKAN TERDEPAN DALAM BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN

Isnin, 2 Oktober 2017

NO UKG SEBAGAI ACUAN UNTUK MELIHAT INFO GTK DI SIM PKB

Warta Pendidikan -  Pada Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 terdapat perubahan yang cukup signifikan, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bug versi sebelumnya. Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan juga upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



dalam versi 2018 tersebut terdapat penambahan fitur salah satunya adalah pada sub menu nilai test. dimana dalam menu ini untuk mengakomodir nilai Uji Kompetensi Guru (UKG). Uji Kompetensi Guru adalah sebuah kegiatan Ujian untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content Guru. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.
Mulai tahun pelajaran 2017/2018 pengecekan Data guru atau SKTP sertifikasi guru hanya bisa diakses oleh guru yang sudah terdaftar dan bergabung dengan komunitas SIMPKB.
Nomor UKG tersebut akan digunakan sebagai acuan melihat data Info GTK pada SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Apabila dikosongkan maka guru belum dapat melakukan pengecekan data pada Layanan Info GTK yang terletak dalam laman SIMPKB.
Sementara itu, jika nilai UKG belum diketahui, sementara dapat diisi dengan angka 0 (nol).

bagi Bapak/Ibu Guru yang pernah mengikuti UKG harus mengentri no peserta UKG pada waktu mengikuti UKG ke dalam aplikasi Dapodik agar bisa mengecek data pada laman INFO GTK dan SIM PKB

semoga bermanfaat..

Tiada ulasan:

Catat Ulasan