SELAMAT DATANG DI BLOG WARTA PENDIDIKAN TERDEPAN DALAM BERBAGI INFORMASI PENDIDIKAN

Selasa, 14 November 2017

Rilis Aplikasi e-Rapor SMP 2017

Rilis Aplikasi e-Rapor SMP 2017

Menindak lanjuti  Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada  tahun  2014 menunjukkan bahwa salah  satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah melaksanakan penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik adalah  merumuskan indikator, menyusun butir-butir instrumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan  menggunakan  berbagai macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian keterampilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.

Aplikasi E-Rapor SMP 2018 Telah Dirilis!!

Pendidikan indonesia, Proses  penilaian  hasil  belajar  peserta  didik,  baik  oleh  pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan  cepat  dilakukan  apabila  didukung  dengan  perangkat  aplikasi komputer. Berkaitan dengan hal  tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan, mengembangkan  aplikasi  e- Rapor  utuk  SMP  yang  terintegrasi  dengan  Data  Pokok  Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan penggunaannya.

Memperhatikan permasalahan-permasahan di atas, perlu disusun Panduan  Penilaian pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Panduan penilaian ini diharapkan dapat memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan  melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.

Aplikasi E-Rapor SMP 2018 Telah Dirilis!!

Direktorat  Pembinaan  Sekolah  Menengah  Pertama  secara  resmi telah  merilis  aplikasi  e-Rapor  utuk  SMP.  Kelebihan  Aplikasi  ini Selain  terintegrasi dengan Dapodik,Pendidikan indonesia Sekolah  juga dapat mencetak Leger dan Raport. Jika Anda menggunakan Aplikasi lain yang tidak resmi, bisa jadi harus mengulang pekerjaan

E-Rapor SMP  adalah  aplikasi berbasis web, di mana dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client (dalam  hal  ini  admin,  guru, wali  kelas,  dan  peserta  didik,kepala  sekolah dan  orang  tua)  dapat mengakses melalui  komputer  lain  yang  terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser.

Tugas  dan  Kewenangan  Admin Admin  adalah  orang  yang  ditunjuk  oleh kepala  sekolah  untuk  bertanggung  jawab  penuh  atas  kelancaran penggunaan  aplikasi  e-Rapor  serta  memiliki  hak  akses  dalam pengoperasian  e-Rapor.  Pada  hakikatnya  tugas  utama  admin  adalah mempersiapkan  data  referensi  baik  data  yang  diambil  dari  Dapodik maupun  data  Referensi  Lokal,  Sehingga  e-Rapor  dapat  digunakan sebagaimana  mestinya.  Mengingat  begitu  penting  dan  strategisnya kedudukan  admin  dalam  e-Rapor,  maka  diperlukan  seseorang  yang memiliki tanggung jawab, dedikasi serta integritas kepribadian yang sangat tinggi. Admin memiliki tugas sebagai berikut:

Melakukan instalasi e-Rapor ke dalam server.
Melakukan sinkronisasi data ke dapodik.
Mengedit profil sekolah.
Memberi hak akses kepada user dalam hal ini, guru mata pelajaran, wali kelas,  guru  Bimbingan  dan  Konseling  serta  peserta  didik,  kepala sekolah dan orang tua siswa.
Menyosialiasikan  e-Rapor,  membagikan  username  dan  password kepada yang bersangkutan.
Memetakan mata pelajaran
Menyesuaikan data muatan lokal
Menginput kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran.
Menginput interval predikat mata pelajaran.
Menginput data tanggal rapor. 
Mencetak rapor.
Mengirim nilai ke dapodik.
Melakukan backup dan restore data.
Menginput nilai US/USBN khusus untuk kelas IX
Untuk lebih jelasnya tentang Langkah atau Cara  Instalasi E-Rapor SMP tahun  2017  -  2018,  Cara  Login  sebagai  Admin,    Cara mengambil Data Dapodik pada E-Rapor SMP Tahun 2017 - 2018, Cara Mapping Mata Pelajaran, Cara Input KKM dan Cara Input Nilai Pada E-Rapor SMP Tahun 2017  - 2018, Mengirim Nilai Ke Dapodik  (Sinkronisasi) sampai cara Cetek Leger dan Cetak Rapor silahkan baca Panduan E-Rapor SMP Tahun 2017 - 2018, silahkan download pada link di bawah ini dan semoga bermanfaat.

Panduan E-Rapor SMP 2018 
Panduan Penilaian 

2 ulasan: